top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

Celana Jeans Branded Menaikan Status Sosial

Updated: Feb 26, 2019




Pakaian merupakan kebutuhan pokok setiap individu, tetapi pakaian yang selalu mengikuti trend zaman adalah yang paling diminati oleh konsumen. Salah satu jenis pakaian yang diminati oleh masyarakat adalah produk celana jeans dengan berbagai merk yang ada. Pabrik jeans dari berbagai merk bersaing untuk menarik perhatian konsumennya. Salah satu cara untuk menarik minta kosumen adalah dengan promosi, Promosi bertujuan untuk memberi pengenalan pada masyarakat mengenai merk jeans tersebut dan dengan promosi diharapkan masyarakat akan mengetahui produk dan merk jeans itu dan akhirnya masyarakat akan melakukan keputusan pembelian.

Keputusan pembelian seseorang menurut Kotler, 2003: 2002 terdapat empat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yaitu budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Faktor Kebudayaan menjadi salah satu penentu keinginan dan perilaku yang paling mendasar untuk mendapatkan nilai, persepsi dari orang lain. Faktor kebudayaan memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada tingkah laku konsumen. Kelas sosial merupakan pembagian kelas di masyarakat secara hierarkis dan yang anggotanya menganut nilai-nilai, minat, dan perilaku yang serupa. Kelas sosial ditentukan oleh banyak faktor antara lain pendapatan, pekerjaan dan kekayaan lainnya yang dimiliki seseorang, jadi dalam penelitian ini penting bagi perusahaan/ pabrik jeans agar dapat mengembangkan produk yang dimilikinya dan agar pabrik jeans” dapat mengetahui pesaing dalam memproduksi jeans, gunanya adalah ketika banyak pabrik memproduksi produk yang sama pabrik lois tersebut memiliki inovasi , misalnya dengan menambah model baru sehingga tetap bisa menjaga eksistensinya di masyarakat dan tidak kalah dengan merk lainnya, selain itu riset ini berguna untuk mengetahui masalah apa yang ada dalam pabrik jeans .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemakaian celana jeans bermerk dapat menaikan kelas sosial seseorang atau tidak. Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survei dan menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Kuesioner disebarkan menggunakan aplikasi Google Form dan hasil data berupa grafik.


Analisis:




Berdasarkan grafik diatas jumlah mahasiswa yang memilih produk celana branded kebanyakan adalah perempuan.





Berdasarkan grafik hasil penelitian dapat dilihat bahwa responden mengetahui informasi tentang merk celana jeans branded dari Mall.




Berdasarkan grafik hasil penelitian dapat dilihat bahwa dapat dilihat pada grafik diatas bahwa kebanyakan mahasiswa dalam memilih produk celana jeans branded karena kualitas.




Berdasarkan grafik hasil penelitian dapat dilihat bahwa kebanyakan mahasiswa melakukan pembelian celana jeans branded sebanyak 1 kali dalam sebulannya.



Dapat dilihat diatas bahwa perolehan uang saku/ uang jajan Mahasiswa per bulan yang paling tinggi sebesar Rp.900.000- 1000.000




Dapat dilihat diatas bahwa menurut responden ia tidak setuju bahwa dengan memakai celana jeans branded ia lebih diiakui masyarakat


Jadi, dari hasil kuisioner yang telah disebar dapat disimpulkan bahwa kelas sosial menentukan keputusan pembelian pada konsumen celana jeans branded , semakin tinggi kelas sosialnya maka akan semakin tinggi kualitas yang diinginkan. Kualitas yang tinggi selalu diikuti dengan harga yang tinggi dikarenakan produk dengan kualitas yang tinggi memiliki biaya produksi yang besar sehingga harga jualnya juga tinggi.

14 views0 comments

Comments


bottom of page