top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

Kompetitor Usaha Susu Cair dalam Kemasan Ultra


Persaingan bukanlah masalah baru dalam dunia usaha, ini dapat dilihat dalam perkembangannya dimana kemajuan suatu perusahaan selalu diiringi oeleh perusahaan lain untuk menuju kearah yang lebih baik. Setiap perusahaan tidak dapat menghindari persaingan dari perusahaan lain. Keberhasilan sebuah bisnis salah satunya ditentukan oleh kemampuan memahami pesaing. Perusahaan yang berhasil selalu berusaha mengenali pesaingnya sebaik mungkin seperti yang dilakukannya terhadap konsumen. Persaingan antar perusahaan juga terjadi pada industri susu. Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya kesehatan, hal ini berimplikasi pada tingginya permintaan konsumen terhadap produk-produk yang memiliki nilai kandungan gizi tinggi seperti produk susu cair dalam kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetitor apa saja yang dimiliki usaha susu cair dalam kemasan Ultra. Data dikumpulkan dengan alat bantu online berupa similarweb dan google trends.


Hasil Penelitian


Tabel diatas bertujuan untuk melihat kompetitor dari berbagai aspek yang ada seperti nama brand, industri, situs web, konsumen target, tipe kompetitor, differentiator ( Pembeda) dan produk apa saja yang dikeluarkan. Data di atas sudah dapat digunakan untuk membuat analisis memprediksi industri di masa depan , Prediksi itu nantinya akan menentukan ke mana arah perusahaan bergerak, serta cara pemasaran seperti apa yang cocok digunakan jika membuka bisnis baru yang serupa. sehingga nantinya usaha susu cair dalam kemasan Ultra bisa bersaing dengan produk-produk susu cair dalam kemasan lainnya.


Popularitas brand di dunia maya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari marketing zaman sekarang. Untuk mengetahui kekuatan kompetitor di bidang ini, saya memakai 2 tool. antara lain adalah SimilarWeb dan Google Trends.


SimilarWeb dapat digunakan untuk memantau traffic situs web kompetitor, dan bisa memantau situs apa saja yang dikunjungi konsumen, agar tahu apa minat mereka pada suatu produk tertentu.



Google Trends dapat digunakan untuk memantau trend industri, serta menemukan celah-celah untuk dimanfaatkan, peluang apa yang bisa dimasuki untuk membuka bisnis baru, karena di Google Trends untuk mencari tahu topik apa yang sedang ramai orang cari di internet.


Berdasarkan data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa produk susu cair dalam kemasan Ultra memiliki saingan antara lain Frisian Flag dan IndoMilk. dan dari data yang telah didapat melalui alat bantu online baik itu similarweb dan Google Trends dapat disimpulkan bahwa Global Rank Ultra sebesar 856, 171 diatas frisan flag sebesar 268,241 dan indomilk 330,418, kemudian jumlah rata-rata orang yang mencari produk minuman susu cair dalam kemasan melalui media online ( khususnya Google) dari waktu ke waktu lewat dari 30 hari paling banyak yaitu pencarian pada produk Susu Ultra.

105 views0 comments

Commentaires


bottom of page