top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

Perilaku Konsumen Teduh Coffee Yogyakarta


Riset etnografi penting dilakukan bagi sebuah perusahaan karena hal tersebut sangat membantu membantu sebuah perusahaan dalam proses pengembangan perusahaan kedepannya. Dalam memenuhi kebutuhan konsumennya, perusahaan tersebut harus mengerti apa yang diinginkan oleh setiap konsumen dan perusahaan diharapkan dapat mengerti bagaimana cara untuk beradaptasi dengan pasar yang cepat berubah dan dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat. Riset etnografi bagi sebuah perusahaan dapat menjadi sebuah cara untuk menciptakan sebuah inovasi, mempertahankan konsumen dan menarik minat konsumen baru terhadap sebuah produk.


Saat ini persaingan bisnis saat ini semakin ketat dibidang coffe shop hal tersebut yang menjadikan dorongan bagi Teduh Coffee untuk menerapkan berbagi konsep untuk menarik pelanggan yang dapat membedakan dengan coffee shop lainnya. Metode yang dipakai dalam penelitian etnografi di Teduh Coffee ini dilakukan dengan, cara observasi terhadap perilaku konsumen yang ada disana. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Mei 2019 Pukul 17.30-21.30 peneliti juga memperhatikan tampilan/ desain dari Coffee shop , dan perilaku apa yang terjadi saat konsumen berada di Teduh coffee apakah konsumen tersebut hanya minum kopi saja/ makan, sambil ngobrol atau mengerjakan tugas .


Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa :

Suasana Teduh Coffee pada malam hari ramai karena kebetulan saat itu adalah malam minggu, kebanyakan Konsumen Teduh Coffee adalah anak muda, saat observasi dilakukan kebanyakan konsumen nongkrong sambil mengerjakan tugas karena tempatnya yang nyaman tetapi ada juga konsumen yang hanya ngopi dan kumpul bersama dengan keluarga. Desain/ tampilan Teduh Coffee yang cocok untuk anak muda, membuat Teduh Coffee berbeda dengan coffee shop lainnya salah satu keunikannya adalah desain pada area outdoor di bagian belakang Teduh Coffee yang diisi dengan pekarangan yang penuh dengan bunga ditambah lampu lampu indah ada disekitarnya cocok dengan anak muda dan biasanya menjadi spot foto bagi mereka Hal tersebut di dukung juga oleh fasilitas yang ada di Coffee shop tersebut seperti Wifi, dan Stop Kontak menambah kenyamanan konsumen Teduh Coffee, sehingga konsumen cenderung betah untuk nongkrong hingga larut malam. Dari pengamatan peneliti juga melihat pelayanan yang sudah baik karena waktu dari pemesanan sampai minuman dan makanan datang ke meja konsumen relatif cepat membuat konsumen tidak menunggu pesanan dengan waktu yang lama. Menurut seorang pelayan disana jika makanan atau minuman belum diantar ke meja konsumen, maka konsumen berhak menggambil sendiri pesananan yang telah dipesan di samping meja kasir.






8 views0 comments

Comentarios


bottom of page