top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

Loyalitas Konsumen Sabun Cuci Piring “ Sunlight “





Saat ini kesadaran terhadap kebersihan semakin meningkat, salah satunya pada kebersihan peralatan makan ( piring, gelas, sendok, garpu, dan lain lain ) pada saat proses pencucian hal itu sangat penting bagi semua orang, tergesernya cara lama menggunakan sabun batang dan sabun colek dengan sabun pencuci piring cair yang praktis dan tidak meninggalkan bekas detergent di peralatan makan menjadi faktor utama pergeseran pola pencucian piring bagi konsumen rumah tangga maupun rumah makan. Hal ini menjadi perhatian beberapa perusahaan untuk dapat memenuhi apa yang konsumen butuhkan, terkait hal ini banyak perusahaan lokal maupun asing memproduksi jenis sabun pencuci piring cair dan berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi di yang pas hati konsumen. Perusahaan akan mendapat tempat di hati konsumen apabila produk yang ditawarkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, perlu adanya strategi yang dilakukan oleh pasar seperti peningkatan kualitas produk, dengan strategi yang disusun secara tepat maka konsumen mau membeli produk atau jasa yang dihasilkan perusahaaan. Selain itu, perusahaan sebaiknya terus berupaya dengan segala cara agar konsumen dapat menjadi konsumen yang loyal. Konsumen yang loyal adalah konsumen yang setia menggunakan produk tersebut walupun ada produk lain yang sejenis. Loyalitas sangat penting untuk mempertahankan citra dan keberhasilan suatu perusahaan. Salah satu cara perusahaan agar tetap bertahan dan meningkatkan pangsa pasar dengan adanya loyalitas konsumen atau perilaku pembelian ulang atas produk atau jasa yang digunakan konsumen sebelumnya.


Ditengah banyaknya perusahaan yang memproduksi cairan sabun pencuci piring, Salah satunya adalah produk Unilever yang menggunakan perkembangan teknologi seiring dengan konsekuensi persaingan pasar adalah sabun Sunlight yang mengalami perkembangan bentuk dari sabun batangan, sabun colek kemudian menjadi sabun cair. PT. Unilever Indonesia adalah salah satu perusahaan yang tetap konsisten dalam memasarkan dan memenuhi kebutuhan konsumen akan sabun pencuci piring cair. Dalam memasarkan sunlight di pasar sabun pencuci piring cair di Indonesia. Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survei berdasarkan teknik pengumpulan data aksidental. Teknik sampel aksidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 33, kuesioner disebarkan menggunakan aplikasi Google Form dan hasil data berupa grafik.









Jadi berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa loyalitas konsumen dapat ditunjukan dengan seberapa besar dukungan konsumen terhadap produk sabun cuci piring “Sunlight”. Di sisi lain loyalitas konsumen dapat dibuktikan dengan komitmen konsumen untuk melakukan pembelian secara teratur selama 2 kali dalam satu bulan. Selain itu harga juga menjadi faktor penentu yang akan mempengaruhi loyalitas. Konsumen setuju bahwa harga yang cocok dengan pendapatan akan lebih banyak diminati oleh konsumen, dan bagi sebuah perusahaan harga suatu produk yang diberikan pada pasar dapat menunjukkan dan mempengaruhi bagaimana konsumen itu loyal. Sabun Sunlight cair dipasarkan dengan harga terjangkau . Perilaku konsumen yang menjadikan sabun cuci piring “ sunlight” sebagai pilihan utama dalam memilih sabun cuci piring hal itu membuktikan bahwa seorang konsumen merasa puas terhadap produk sabun cuci piring tersebut dan akan menimbulkan kesetiaan pelanggan. Selain itu keinginan untuk merekomendasikan kepada orang lain untuk menggunakan Sabun "Sunlight" membuktikan bahwa produk sabun cuci piring “ sunlight” kualitasnya bagus, dan konsumen itu ingin orang lain/ konsumen lain untuk menggunaka produk sabun cuci piring “sunlight”. Loyalitas konsumen dapat membuktikan kesetian konsumen bahwa dengan menggunakan sabun sunlight cair meskipun ada produk sabun pencuci piring lain yang lebih murah disini dapat dijelaskan bahwa konsumen tetap memilih sabun sunlight cair menjadi pilihannya dan dalam mempertahankan eksistensinya ditengah banyaknya produk cairan pencuci piring. Sunlight juga mengembangkan inovasi berbagai jenis varian yaitu Sunlight Jeruk Nipis 100, Sunlight Double Power, Sunlight Plus Anti Bakteri Sunlight Plus Anti Bau dan Sunlight Clean and Soft.

388 views0 comments

Comments


bottom of page