top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

Loyalitas Konsumen Tas Punggung " Exsport"

Updated: Apr 19, 2019


Saat ini persaingan di dunia bisnis semakin ketat, persaingan tersebut menuntut setiap perusahaan yang ada untuk mengutamakan loyalitas pelanggan sebagai tujuan utama perusahaan. Loyalitas pelanggan merupakan bagian yang harus diupayakan oleh setiap perusahaan untuk mempertahankan pangsa pasar yang ada. Untuk mengupayakan agar pelanggan menjadi loyal terhadap produk yang diproduksi bahkan loyal terhadap perusahaan maka perusahaan harus memperhatikan komponen kualitas produk, harga dan citra merek agar terbentuk kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas terhadap suatu merek maka kemungkinan besar pelanggan akan loyal terhadap merek tersebut. Perusahaan harus selalu memperhatikan dan menjaga setiap komponen yang ada agar timbul loyalitas di hati pelanggan yang terbentuk oleh kepuasan pelanggan terhadap merek tertentu. Loyalitas merupakan sesuatu yang keberadaannya sangat berharga, tetapi tidak mudah dicapai dan dipertahankan oleh suatu perusahaan, dimana mereka harus menawarkan cara-cara dan terobosan baru yang kreatif dan inovatif untuk memelihara hubungan yang lama dengan konsumen, oleh karena itu, perusahaan harus mengerti dan tanggap menyadari keinginan-keinginan konsumen yang lama maupun konsumen yang baru


Ditengah banyaknya perusahaan yang memproduksi jenis tas punggung, Salah satunya adalah produk tas punggung “Exsport”. Exsport merupakan salah satu perusahaan pembuat tas terkemuka di Indonesia. Merek Exsport sendiri di Indonesia telah banyak diketahui oleh banyak kalangan mulai dari kalangan pelajar hingga kalangan professional. "Exsport menjadi jawaban bagi sebagian besar masyarakat yang menginginkan sebuah tas yang keren dengan kualitas tinggi. Terlepas dari semua itu, Exsport tetap harus berupaya keras untuk memenuhi harapan pelanggan sehingga menimbulkan kepuasan yang pada akhirnya akan membuat pelanggan loyal terhadap Exsport. Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survei berdasarkan teknik pengumpulan data purposive sampling. Teknik purposive sampling adalah Teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 30.



Hasil dari variabel saying positive things, pertanyaan pertama memiliki nilai mean sebesar 4,00 variabel positive things yang merupakan salah satu variabel yang membentuk tingkat loyalitas konsumen, dapat dilihat seperti yang digambarkan pada tabel di atas



Hasil dari variabel continue purchasing, pertanyaan kedua memiliki nilai mean sebesar 3,90 variabel continue purchasing yang merupakan salah satu variabel yang membentuk tingkat loyalitas konsumen, dapat dilihat seperti yang digambarkan pada tabel di atas.



Hasil dari variabel recommended to others, pertanyaan ketiga memiliki nilai mean sebesar 4,00 variabel recommended to others yang merupakan salah satu variabel yang membentuk tingkat loyalitas konsumen, dapat dilihat seperti yang digambarkan pada tabel di atas.


Tingkat loyalitas konsumen tas punggung Exsport dapat diperoleh dengan cara membuat tabel rentang skala dimana terdapat tiga kategori diantaranya adalah kategori tinggi, sedang dan rendah. Berikut ini dapat dilihat tabel rentang skala yang dapat menentukan apakah tingkat loyalitas konsumen tas punggung Exsport di Babarsari tinggi.


Dari ketiga indikator pembangun loyalitas konsumen (continue purchaising, recommended to others, say positive things dapat dilihat hasilnya sebelumnya yaitu setiap indikator hampir memiliki nilai mean 3,9 . Mean diperoleh dari keseluruhan penjumlahan ketiga indikator dibagi jumlah variabel (4,00+3,90+4,00= 11,9/ 3) , sehingga ketiga indikator tersebut berada di rentang skala kelas tinggi yaitu dengan nilai 3,67 - 5. Jadi, loyalitas konsumen tas punggung Exsport Babarsari Tinggi.






46 views0 comments

Comments


bottom of page