top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

PELUANG USAHA SALON KECANTIKAN WANITA DENGAN ANALISIS SPASIAL

oleh : Beatrix Oktaviani Towa

NPM: 171006271


Latar Belakang

Sebuah perusahaan tidak terlepas dari berbagai macam perubahan yang bersumber dari lingkungan eksternal maupun lingkungan internal. Perubahan yang berdampak negatif akan menghambat perusahaan dalam mencapai tujuan, sedangkan perubahan yang berdampak positif akan menunjang kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Seperti yang dikatakan oleh Fred R. David (2004: 7) bahwa semua strategi dapat diubah sewaktu-waktu karena faktor-faktor eksternal dan internal selalu berubah. Tiga kegiatan pokok dalam evaluasi strategi antara lain: pertama, mengkaji ulang faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi landasan perumusan strategi yang diterapkan sekarang ini. Kedua, mengukur kinerja, dan ketiga melakukan tindakan-tindakan korektif. Strategi perusahaan, khususnya strategi pemasaran merupakan langkah yang tepat yang harus ditempuh dan direalisasikan oleh setiap perusahaan yang ingin dapat bertahan di pasar. Usaha yang bersifat dinamis dengan perubahan waktu ke waktu dipengaruhi oleh selera masyarakat akan suatu produk. Strategi perusahaan menjadi harus mampu melihat keinginan pasar dengan memuaskannya terhadap produk yang dipasarkan. Salon Kecantikan merupakan salah satu usaha yang bersaing dalam memasarkan jasa salon kecantikan khusus wanita. Tidak sedikit pula usaha serupa yang terdapat di kota Yogyakarta. Meskipun memasarkan jasa yang serupa, umumnya strategi yang dilakukan para pelaku usaha ini berbeda-beda, baik dalam produk/jasa, harga, cara memasarkan, promosi dan hal lainnya. Salon kecantikan harus memiliki upaya yang semaksimal mungkin agar dapat memenangkan persaingan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan sebaikbaiknya agar eksistensi usaha ini tetap terjaga dan bahkan bila memungkinkan, menjadi pemimpin pasar. Oleh karena itu, Salon Kecantikan harus menjalankan semua operasinya secara efektif dan efisien, tidak terkecuali di bidang pemasaran.

Usaha salon kecantikan membutuhkan ruang dan ketersediaan tempat dalam ukuran dan jumlah yang memadai. Kebutuhan ruang ini memerlukan pengelolaan tempat yang baik dan terencana. Penelitian ini bertujuan :

(1) mengkaji pola spasial wilayah usaha salon kecantikan berdasarkan kemampuan lahan dan kesesuaian lahan

(2) menganalisis potensi daya dukung wilayah dalam penyediaan bahan-bahan dan alat salon, dan

(3) menganalisis arah pengembangan daya dukung wilayah. Penelitian dilakukan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta tepatnya dijalan Gejayan.


Pembahasan :



Dari hasil tabel peta Analisis Spasial diatas, salon kecantikan yang tersebar di jalan Gejayan sangat banyak, artinya lokasi tersebut merupakan tempat pemasaran yang sangat strategis berada di tengah kota dan dekat dengan banyak kampus yang menunjang untuk mendapatkan banyak pelanggan yang lebih banyak berasal dari pelajar dan mahasiswa. peluang usaha salon kecantikan yang akan di bangun di jalan Gejayan tersebut masih memiliki peluang, dengan membuka salon yang baru dan sesuai dengan kebutuhan para wanita maka bisa dipastikan salon tersebut akan sukses. Keberadaan salon yang melayani khusus wanita di kota Yogyakarta juga masih jarang sekali ditemui pada saat ini. Oleh karena itu, untuk memanfaatkan peluang tersebut Salon Kecantikan harus mengetahui kondisi internal dan eksternal dariusaha mereka agar dapat mengambil keputusan yang tepat untuk dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menentukan strategi pemasaran dengan mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal usaha Salon.

Teori lokasi yang diungkapkan August Losch (www.academia.edu) menjelaskan bahwa lokasi penjual sangat berpengaruh terhadap jumlah konsumen yang dapat digarapnya. Makin jauh dari tempat penjual, konsumen semakin enggan membeli karena biaya transportasi untuk mendatangi tempat penjual semakin mahal. Berdasarkan teori tersebut, Salon Kecantikan ini sendiri terletak pada posisi yang mudah dijangkau oleh konsumen (dalam hal ini pelanggan), yaitu terletak di pinggir jalan.


kesimpulan :

Kunci sukses dalam usaha salon ada dua yaitu, selalu mengikuti tren mode dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik. sebagaimana bisnis yang berkaitan dengan penampilan lainnya , dalam bisnis salon kecantikan juga harus mengikuti perkembangan trend dari waktu ke waktu. selain itu juga harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen. pelayanan merupakan hal yang penting agar konsumen merasa betah dan ingin terus dimanjakan di salon kecantikan kita.

2 views0 comments

Comments


bottom of page