top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

KOMPETITOR USAHA DETERJEN RINSO



Dalam dunia bisnis, keberadaan pesaing atau kompetitor merupakan suatu hal yang tidak dapat terpisahkan. Maksudnya jika seseorang hendak terjun ke dunia bisnis, maka seseorang atau perusahaan tersebut pasti akan mendapati pesaing. Pesaing bisa didefinisikan sebagai pengusaha lain yang menawarkan produk berupa barang atau jasa yang sama dengan produk yang kita tawarkan kepada konsumen. Dalam hal ini peneliti dalam riset pasar akan meneliti mengenai kompetitor deterjen rinso. Persaingan industri deterjen di Indonesia sangat tinggi. Penguasaan pasar suatu produk dapat berubah dengan cepat. Salah satu faktor yang akan dihadapi oleh industri deterjen saat ini adalah kenaikan bahan baku dan kemasan. Perkembangan sabun deterjen sangatlah pesat. Terbukti dengan telah banyaknya beredar berbagai merk deterjen yang ada di pasaran, seperti deterjen Rinso, Daia, Attack, So Klin dan masih banyak lagi merk yang lainnya. Pada saat ini banyak sekali produk-produk deterjen yang dipasarkan dengan menyatakan bahwa tujuan peluncuran produk mereka adalah untuk memuaskan para konsumen dengan prinsip dari masing-masing produknya. Semua produk yang beredar di pasaran ini bertujuan untuk memenuhi kepuasan penting dalam mempertahankan produk mereka di pasaran dan memenangkan persaingan dalam dunia usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetitor usaha deterjen rinso. Data dikumpulkan dengan alat bantu online berupa similarweb dan google trends.


Hasil Penelitian


Tabel diatas bertujuan untuk melihat kompetitor dari berbagai aspek yang ada seperti nama brand, industri, situs web, konsumen target, tipe kompetitor, differentiator dan produk. Data di atas sudah cukup untuk membuat analisis tentang brand positioning perusahaan serta prediksi industri di masa depan sehingga usaha deterjen rinso itu sendiri bisa bersaing dengan produk-produk deterjen lainnya.



Data diatas didapat dari alat bantu online similarweb dengan tujuan untuk membantu memantau traffic situs web kompetitor pada deterjen rinso termasuk dari mana traffic itu berasal dan memantau situs apa saja yang dikunjungi oleh konsumen agar mengetahui apa yang mereka minta.



Data diatas didapatkan melalui alat bantu online google trands dengan tujuan untuk membantu mencari tahu topic apa yang sedang ramai orang cari di internet. Dari sinilah, bisa memantau celah-celah peluang untuk di manfaatkan, salah satunya mencoba usaha deterjen rinso.


KESIMPULAN

Dari data yang telah didapat melalui alat bantu online baik itu similarweb dan google trend dapat disimpulkan bahwa pesaing atau kompetitor usaha deterjen rinso yaitu so klin dan attack, dimana rank global rinso sebesar 253, 437 diatas so klin sebesar 131,661 dan attack sebesar 20,744. Sehingga, dari data similarweb usaha deterjen rinso dapat dilihat bahwa deterjen rinso itu dapat bersaing dengan produk-produk deterjen lainnya.



Gracia Kithara M.G / 171006287

538 views0 comments

Comments


bottom of page