top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

PERILAKU KONSUMEN CAFE CIAO GELATO YOGYAKARTA

Penelitian etnografi sangat penting dilakukan pada suatu perusahaan dalam menentukan perilaku konsumen. Di Jogja saat ini banyak sekali cafe yang sangat terkenal dengan menawarkan berbagai macam fasilitas yang ada, mulai dari terdapat koneksi wifi hingga caffe yang instagramable. Contohnya saja CAFE CIAO GELATO mereka menawarkan ice cream gelato dengan berbagai macam varian rasa yang unik yang tentunya memikat lidah para pengunjungnya terutama para penggemar ice cream. Selain itu tempat yang instagramable dan dilengkapi dengan fasilitas wifi ini memiliki daya tariknya tersendiri yang membuat pengunjung senang datang ke caffe tersebut. Dengan penelitian etnografi yang dilakukan disini, pemilik usaha dapat mengerti apa yang di inginkan oleh konsumen apakah perilaku mereka sudah menunjukan hal yang positif atau belum. Metode penelitian etnografi dianggap mampu menggali informasi secara mendalam dengan sumber-sumber yang luas. Dengan teknik “observatory participant”, etnografi menjadi sebuah metode penelitian yang unik karena mengharuskan partisipasi peneliti secara langsung dalam sebuah masyarakat atau komunitas sosial tertentu. Maka dari itu, dengan metode penelitian etnografi tersebut peneliti dapat melihat prilaku dari para pengunjung. Mulai dari datang, menunggu pesanan, saat makan hingga selesai makan.

Tantangan:

Di Yogyakarta, CAFE CIAO GELATO memiliki banyak pesaing, karena sedang viralnya cafe di Yogyakarta untuk tempat berkumpul bersama teman atau untuk mengerjakan tugas, maka dari itu para pengusaha melihat peluang usaha tersebut dan mulai membuka bisnis cafe tersebut. Berkonsepkan tempat yang instagramable, sederhana tetapi tetap terlihat elegant, para pebisnis membuka usaha cafe tersebut sebagai bisnis yang menjanjikan terutama di kota Yogyakarta. Jarak yang cukup dekat antara cefe satu dengan cafe yang lainnya ini, membuat konsumen menjadi banyak pilihan dalam hal tempat berkumpul mereka. Maka dari itu CAFE CIAO GELATO harus memiliki ciri khas agar pelangaan tetap setia dan akan datang lagi.

Proses/Metode:

Metode penelitian etnografi dianggap mampu menggali informasi secara mendalam dengan sumber-sumber yang luas. Dengan teknik “observatory participant”, etnografi menjadi sebuah metode penelitian yang unik karena mengharuskan partisipasi peneliti secara langsung dalam sebuah masyarakat atau komunitas sosial tertentu. Karena peneliti dapat melihat aktivitas konsumen dengan waktu yang lama maka peneliti dapat mendeskripsikan perilaku konsumen. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengamatan kurang lebih selama 30 menit.

Hasil penelitian:

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti dapat diketahui bahwa konsumen CAFE CIAO GELATO kebanyakan adalah para mahasiswa, tapi ada juga pengunjung orang dewasa bersama dengan keluarganya. Pengunjung CAFE CIAO GELATO ini kebanyakan mahasiswa dikarenakan lokasinya yang strategis dan tempatnya yang sering dilewati oleh mahasiswa maupun mahasiswi dari UNY, UGM, UAJY, dan USD. Selain itu karena tempatnya yang sangat nyaman untuk mengerjakan tugas ataupun untuk tempat bersantai dengan kawan, menjadikan CAFE CIAO GELATO menjadi pilihan para mahasiswa sebagai tempat nongkrongnya. Dari pengamatan peneliti juga melihat ada beberapa tipe konsumen, tipe yang pertama yaitu konsumen yang datang membeli ice cream atau makanan yang ada lalu sambil mengerjakan tugas, tipe yang kedua yaitu konsumen yang datang membeli ice cream atau makanan yang ada lalu sambil main HP ataupun mengobrol dengan temen-teman mereka, dan tipe yang terakhir yaitu konsumen yang datang membeli ice cream atau makanan yang ada lalu setelah makan ataupun pada saat makan ice cream tersebut, mereka sambil berfoto-foto di tempat yang mereka anggap instagramable.

Lampiran :




11 views0 comments

Comments


bottom of page