top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

PENGGUNA INTERNET DALAM BIDANG EKONOMI DI INDONESIA MENINGKAT



Di era informasi seperti saat ini internet memegang peranan penting dalam segala aspek kehidupan manusia. Internet menjadi media yang banyak di gunakan oleh seluruh kalangan untuk memenuhi kebutuhan informasi guna menunjang aktivitas mereka. Hal ini terjadi karena pada dasarnya kebutuhan setiap individu sangatlah beraneka ragam, sehingga adanya kebutuhan inilah yang menimbulkan motif untuk menemukan informasi pada sebuah media yang paling dianggap tepat, akibatnya muncul berbagai cara dan strategi untuk mendapatkan informasi tersebut. Dalam hal ini internet banyak digunakan karena menawarkan berbagai kemudahan untuk dapat mengakses berbagai literatur, referensi ilmu pengetahuan, dan bahkan untuk melakukan transaksi jual-beli. Internet dalam era informasi telah menempatkan dirinya sebagai salah satu pusat informasi yang dapat diakses dari berbagai tempat tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Internet disebut sebagai pusat informasi bebas hambatan karena dapat menghubungkan satu situs informasi ke situs informasi lainnya dalam waktu yang singkat. Saat ini sudah semakin banyak kantor lembaga pemerintah yang memiliki koneksi kedalam jaringan internet. Beberapa diantaranya bahkan telah mempublikasikan lembaganya kedalam bentuk situs homepage pada world wide web (www). Perkembangan internet di Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). AJPII merupakan asosiasi yang bertujuan untuk mengatur tarif jasa internet yang ada di Indonesia, tugasnya membantu menyediakan jasa internet yang berkualitas bagi masyarakat indonesia selain itu APJII juga bertugas untuk memasyarakatkan internet dalam menunjang pengembangan sumber daya manusia di Indonesia dan membantu pemerintah dalam usahanya untuk memerataan ekonomi di tanah air melalui akses informasi dan komunikasi. Jadi, APJII merupakan lembaga yang berhubungan dengan segala aspek internet. Dengan adanya APJII masyarakat Indonesia menjadi semakin lebih mudah dalam mengakses informasi .


Penelitian kali ini menggunakan data sekunder. Dimana data sekunder didapatkan dari penelitian-penelitian terlebih dahulu. Kemudian melakukan analisis berdasarkan hasil data sekunder yang telah dikumpulkan. Setelah melakukan analisis, kemudian menyimpulkan dari hasil analisis data sekunder tersebut. Berikut ini data sekunder yang telah dikumpulkan untuk melihat bahwa pengguna internet dalam bidang ekonomi di Indonesia mengalami peningkatan.


1. Tabel Pertumbuhan Penggunaan Internet

Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (AJPII), 2016

Berdasarkan data sekunder yang diperoleh dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengemukakan bahwa penemuan hasil survei yang dilaksanakan pada tahun 2016 yang lalu, ini mengungkapkan bahwa pertumbuhan pengguna internet dari tahun 1988 sampai 2017 selalu mengalami peningkatan yang signifikan dan paling banyak pengguna internet terjadi pada tahun 2017 sebanyak 143,26 juta.


2. Tabel Penggunaan Internet Berdasarkan Usia Tahun 2016

Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (AJPII), 2016

Berdasarkan data sekunder yang diperoleh dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengemukakan bahwa penemuan hasil survei yang dilaksanakan pada tahun 2016 yang lalu, ini mengungkapkan bahwa penduduk dengan usia 35-44 paling banyak menggunakan layanan internet dalam kehidupan sehari-hari, sebanyak 29,2%.

Sedangkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang dilakukan pada tahun 2017 yang lalu, menghasilkan data pengguna internet berdasarkan usia sebagai berikut:


3. Tabel Penggunaan Internet Berdasarkan Usia Tahun 2017

Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (AJPII), 2017

Berdasarkan data sekunder yang diperoleh dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengemukakan bahwa penemuan hasil survei yang dilaksanakan pada tahun 2017 yang lalu, ini mengungkapkan bahwa penduduk dengan usia 19-34 paling banyak menggunakan layanan internet dalam kehidupan sehari-hari, sebanyak 49,52%. Hal ini menunjukan peningkatan penggunaan internet pada penduduk Indonesia.


4. Tabel Penggunaan Internet Dalam Mengakses Konten Komersial Tahun 2016

Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (AJPII), 2016

Berdasarkan data sekunder yang diperoleh dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengemukakan bahwa penemuan hasil survei yang dilaksanakan pada tahun 2016 yang lalu, ini mengungkapkan bahwa penduduk Indonesia kebanyakan menggunakan internet untuk membuka konten komersial berupa onlineshop sebanyak 62%, lalu untuk membuka bisnis personal sebanyak 34,2%, dan lainnya sebanyak 3,8%.

Sedangkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang dilakukan pada tahun 2017 yang lalu, menghasilkan data pengguna internet dalam bidang ekonomi sebagai berikut:


5. Tabel Penggunaan Internet Dalam Bidang Ekonomi Tahun 2017

Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (AJPII), 2017

Berdasarkan data sekunder yang diperoleh dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengemukakan bahwa penemuan hasil survei yang dilaksanakan pada tahun 2017 yang lalu, ini mengungkapkan bahwa penduduk Indonesia menggunakan internet dibidang ekonomi paling banyak untuk mencari harga sebanyak 45,14%, membantu pekerjaan sebanyak 41,04%, informasi membeli sebanyak 37,82%, beli online sebanyak 32,19%, mencari kerja sebanyak 26,19%, transaksi perbankan sebanyak 17,04%, dan jual online sebanyak 16,83% . Hal ini menunjukan peningkatan penggunaan internet pada penduduk Indonesia terutama didalam bidang bisnis.


KESIMPULAN

Berdasarkan hasil data sekunder yang dikumpulkan dari beberapa hasil penelitian tentang pengguna internet dalam bidang ekonomi di Indonesia dapat dilihat bahwa penggunaan internet terus mengalami peningkatan dalam mengakses informasi terutama didalam bidang ekonomi dari tahun ketahun. Kegunaan internet didalam bidang ekonomi pun juga semakin bervariasi, terus mengalami perkembangan, dan peningkatan.



Gracia Kithara M.G / 171006287

45 views0 comments

Comments


bottom of page