top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

LOYALITAS KONSUMEN ICE CREAM CIAO GELATO YOGYAKARTA

Updated: Apr 14, 2019


Di dalam suatu perusahaan, loyalitas konsumen memiliki peranan yang penting dalam mempertahankan konsumen berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini menjadi alasan utama bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Keuntungan dari adanya Loyalitas pelanggan adalah berkurangnya pengaruh serangan dari para kompetitor dari perusahaan sejenis, tidak hanya kompetisi dalam hal produk namun juga kompetisi dalam hal persepsi. Selain itu konsumen yang loyal dapat mendorong perkembangan perusahaan, karena mereka biasanya memberikan ide atau saran kepada perusahaan agar meningkatkan kualitas produknya dan pada akhirnya mereka tidak akan begitu mempermasalahkan harga karena mereka percaya pada produk dan kualitas yang dimiliki perusahaan. Pelanggan yang merasa puas saja belum menjamin pelanggan akan loyal karena, seperti dilaporkan Harvard Business Schooll Review, tiap tahun 15% – 40% dari pelanggan yang semula puas kemudian beralih ke pesaing. Dengan kata lain, kepuasan tidak berarti loyalitas. Loyalitas ditunjukan oleh aksi yang dilakukan pelanggan tanpa ada keterpaksaan dan tekanan dari pihak manapun. Sikap loyal tersebut merupakan tujuan akhir dari perusahaan dalam membina pelanggan. Pelanggan yang loyal merupakan aset penting bagi perusahaan dalam meningkatkan laba dan prospek perusahaan di masa yang akan datang.


Di jaman sekarang ini, tempat-tempat untuk mengerjakan tugas, berbincang-bincang dengan keluarga atau teman, bahkan tempat nongkrong saat ini yang sedang hits yaitu caffe. Menu yang bervariatif serta tempat yang nyaman menjadikan pilihan utama dalam memilih tempat untuk bersantai. Khususnya di Yogyakarta terdapat salah satu caffe yang terkenal yaitu Caffe Ice Cream CIAO Gelato yang bertempat di Jln. Affandi No.7 Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Es krim gelato merupakan suatu inovasi dalam mengkonsumsi es krim dengan tujuan menciptakan daya tarik konsumen untuk bertahan dalam persaingan usaha. Oleh sebab itu riset pasar kali ini meneliti tentang loyalitas konsumen Ice Cream CIAO Gelato Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini disebut dengan menggunakan analisis deskriptif. Pengumpulan data ini menggunakan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Responden ini dipilih berdasarkan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik sampel bertujuan atau purposive sampling merupakan pengambilan sampel yang dilakukan peneliti dengan kriteria responden yang dipilih ialah mereka yang telah membeli Ice Cream CIAO Gelato Yogyakarta. Kemudian data yang telah dikumpulkan diolah dengan melakukan uji statistik. Uji statistik yang dilakukan yaitu dengan melihat frekuensi dari setiap pertanyaan yang disebarkan peneliti kepada responden dan melihat tingkat loyalitas konsumen dari rentang skala yang telah dibuat oleh penelitian sebelumnya berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Hal ini dilakukan untuk melihat seberapa besar loyalitas konsumen Ice Cream CIAO Gelato Yogyakarta. Data yang diperoleh dari riset ini, yaitu sebagai berikut:



Variabel saying a positive thing memiliki score 3,80. Sedangkan hasil frekuensi dari variabel saying a positive thing yang merupakan variabel yang membentuk tingkat loyalitas konsumen dapat dilihat seperti yang digambarkan pada tabel diatas


Variabel continue purchasing memiliki score 3,83. Sedangkan hasil frekuensi dari variabel continue purchasing yang merupakan variabel yang membentuk tingkat loyalitas konsumen dapat dilihat seperti yang digambarkan pada tabel diatas.


Variabel recommended to others memiliki score 3,97. Sedangkan hasil frekuensi dari variabel recommended to others yang merupakan variabel yang membentuk tingkat loyalitas konsumen dapat dilihat seperti yang digambarkan pada tabel diatas.


Untuk mengetahui tingkat loyalitas, maka peneliti membuat tabel rentang skala dimana terdapat tiga kategori yang dapat menggambarkan tingkat loyalitas konsumen Ice Cream CIAO Gelato Yogyakarta. Kategori tersebut terdiri dari tinggi, sedang, dan rendah. Untuk mengetahui tingkat loyalitas, maka setiap variabel yang membentuk loyalitas konsumen perlu dihitung terlebih dahulu masing-masing variabel tersebut. Berikut ini dapat dilihat tabel rentang skala yang dapat menentukan apakah tingkat loyalitas Ice Cream CIAO Gelato Yogyakarta tinggi.





Dari ketiga indikator pembangun loyalitas konsumen dapat dilihat hasil sebelumnya yaitu setiap indikator memiliki mean berkisar diangka 3,80-3,97 yang artinya ketiga indikator tersebut berada direntang skala kelas tinggi yaitu dengan nilai 3,67-5.

Setelah menganalisis kecenderungan konsumen berdasarkan tiga indikator pembentuk loyalitas konsumen yaitu saying a positive thing, continue purchasing, recommended to others, maka dapat disimpulkan bahwa konsumen Ice Cream CIAO Gelato Yogyakarta memiliki kecenderungan loyalitas tinggi yang dibuktikan dari hasil rentang skala tiga indikator dari loyalitas konsumen.





10 views0 comments

Comments


bottom of page