top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

Loyalitas Konsumen Warung Mie Gacoan Babarsari

Ujian Akhir Semester ( KELOMPOK) :


-Beatrix Oktavianny T / 171006271

-Gracia Kithara M.G / 171006287

-Theresa /171006357

-Verena Violeta W / 171006173

Nicodemus Prabowo /171006302



Loyalitas penting bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnis perusahaannya, selain itu loyalitas sebuah perusahaan menjadi faktor penting dalam kelangsungan hidup bisnis dan pengembangan lingkungan yang kompetitif. Ketatnya persaingan di bidang kuliner Mie Pedas membuat para pengusaha mie pedas tersebut harus mengusahakan yang terbaik untuk konsumennya agar konsumen tidak berpindah ke warung mie pedas lainnya. Untuk menghadapi persaingan tersebut riset kali ini akan membahas mengenai Loyalitas Konsumen pada Warung Mie Gacoan. Penelitian kali ini peneliti memilih Mie Gacoan Cabang Babarsari sebagai objek penelitian. Mie Gacoan merupakan resto mie pedas yang memberikan price to quality terbaik dikelasnya. Nilai – nilai yang selalu dibangun dan dijaga adalah: Quality, Service, dan Cleanliness. Mie Gacoan menjadi tempat bersantap mie terbaik terutama bagi pelajar dan mahasiswa, dimana mereka bisa nongkrong, kerja tugas, ngobrol santai. Dengan tempat yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti: wifi, colokan listrik, musik – musik terupdate, dijamin akan bikin customer betah dan selalu ingin kembali lagi. Visi Mie Gacoan adalah menjadi merk resto mie dengan jaringan terbesar di kelasnya. Misi Mie Gacoan Membangun struktur operasional yang efektif dan efisien, Menyediakan menu bernilai maksimal dengan harga yang terbaik, Inovasi tanpa henti sesuai dengan kebutuhan dan trend jaman.


Populasi penelitian yang kami ambil berada di Warung Mie Gacoan Babarsari, Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambil sampel yaitu Simple Random Sampling yang berjumlah 72 responden dengan memakai rumus Slovin.


PEMBAHASAN


Rata-Rata Skor Jawaban Responden Variabel Loyalitas


Berdasarkan tabel, dapat dilihat bahwa rata-rata jawaban responden pada variabel loyalitas sebesar 3,8


Tabel Rentang Skala


Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data mengenai Loyalitas Konsumen Warung Mie Gacoan Babarsari dapat disimpulkan bahwa dari Tiga indikator pembangun loyalitas konsumen dapat dilihat hasilnya bahwa setiap indikator hampir memiliki nilai mean 3,7 , 3,8,3,8 , 3,9 , yang artinya ketiga indikator tersebut berada di rentang skala kelas tinggi yaitu dengan nilai 3,67 - 5.sehingga konsumen warung mie gacoan penelitian kali ini termasuk dalam konsumen yang memiliki loyalitas Tinggi.


Saran Bagi Warung Mie Gacoan :

1). Meningkatkan fasilitas misanya, dengan menambah jumlah kipas angin.

2). Menambah jumlah menu makanan selain mie, seperti steak atau nasi goreng, dan lain lain.

3) Menambah cabang Mie Gacoan lainnya.

198 views0 comments

Comments


bottom of page