top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

PELUANG BISNIS TERHADAP TOKO ONLINE SHOP

Updated: Jun 12, 2019



Online Shop merupakan salah satu usaha yang cukup menarik dilihat dari kemudahan dalam mengaksesnya dan juga memiliki pilihan yang cukup bervariasi. Dengan cara online

ini masyarakat dapat menghemat banyak waktu dibandingkan dengan melakukan pembelian dan penjualan secara langsung karena prosesnya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Proses penjualan dan pembelian secara online yang dilakukan lewat toko-toko online disebut juga dengan E-commerce (Adi Nugroho, 2006:1). Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu dari data hasil penelitian-penelitian sebelumnya. kemudian melakukan analisis dan menyimpulkan dari hasil data sekunder tersebut.

Berikut ditampilkan data pengguna internet di Indonesia dari tahun 2016-2023 :



Menurut data diatas, pengguna Internet di Indonesia memiliki peningkatan yang

cukup signifikan dari tahun ke tahun dan pada tahun 2018 ini pengguna internet di

Indonesia sudah mencapai 107 jutaan pengguna. Melihat dari data ini teknologi yang

semakin maju membuat para pengusaha melihat adanya peluang lewat toko online shop.


berikut ini data sekunder yang telah dikumpulkan untuk mengetahui jumlah kunjungan toko online shopping selama tahun 2018 :




Berdasarkan data diatas Tokopedia.com menduduki peringkat pertama dalam kategori

online shop di Indonesia pada tahun 2018 sebesar 150 juta pengunjung. Hal tersebut membuat Tokopedia harus mempunyai strategi pemasaran yang baik sebagai toko online yang paling banyak dibutuhkan oleh konsumen online dan membuka peluang yang lebih besar dalam persaingan di pasaran online.


berdasarkan hasil data sekunder diatas disimpulkan bahwa peluang bisnis toko online shop saat ini sangat besar. terlebih orang-orang lebih banyak berbelanja online, dengan berbagai kebutuhan yang dapat mereka temukan tanpa harus keluar rumah hanya dengan praktis menggunakan gadget mereka dibandingkan berbelanja secara manual walaupun belanja online memerlukan waktu pengriman yang cukup lama namun para konsumen tdiak merasa masalah dengan estimasi waktu pengiriman, maka peluang untuk bisnis toko online shop sangat besar dan khususnya bagi toko online shop harus memberikan pelayanan pemasaran yang baik bagi konsumen yang berbelanja online di tokonya, dengan begitu toko online shop dapat bertahan dan berkembang terus tanpa mengurangi pengahsilan dari penjualannya tersebut.


131 views0 comments

Comments


bottom of page