top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

Ujian Tengah Semester " Loyalitas Konsumen Produk Citra Hand and Body Lotion " (perbaikan UTS)

Updated: Apr 15, 2019



Latar Belakang

Loyalitas menjadi tujuan akhir perusahaan karena adanya keyakinan bahwa mempertahankan konsumen yang ada 5 kali lebih murah dari pada mendapatkan konsumen baru. Banyak cara yang dapat digunakan perusahaan untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Sering kali perusahaan berlomba-lomba menyediakan produk dengan harga yang murah dengan anggapan konsumen hanya mempertimbangkan harga dalam keputusan pembelian. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, konsumen lebih cenderung memilih produk yang bagus dan baik untuk kepentingannya agar tidak menimbulkan kerugian sehingga walaupun harganya mahal konsumen tidak ragu untuk mengeluarkan uangnya jika produk tersebut baik dan cocok untuk dirinya. Perkembangan teknologi dewasa ini dapat meningkatkan persaingan antar perusahaan. Tingginya tingkat persaingan yang terjadi menuntut perusahaan untuk mempunyai strategi yang tepat dalam mencapai tujuannya. Mengingat keberadaan konsumen merupakan faktor penting untuk mencapai tujuan, maka perusahaan menyadari betapa sentralnya peranan konsumen.Perusahaan harus mengerti keinginan dan kebutuhan konsumen dan usahanya agar konsumen mendapat kepuasan yang optimal.

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran akan merawat kesehatan kulit tentunya membawa peluang bagi perusahaan yang bergerak terutama di bidang kosmetik dan kecantikan khususnya produk Hand and Body Lotion. Salah satu merek Hand and Body Lotion yang digemari oleh sebagian masyarakat di Indonesia adalah merek Citra. Citra telah ada di pasar produk perawatan kulit Indonesia sejak tahun 1984. Pada tahun 2006, Citra meluncurkan Aktivasi Rumah Cantik Citra yang merupakan rumah spa semi permanen untuk merasakan sepenuhnya produk-produk Citra untuk merawat dan mempercantik jiwa. Selama beberapa tahun terakhir, Citra telah mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar produk Hand and Body Lotion di Indonesia. Citra adalah merek lokal di Indonesia yang mempunyai visi untuk menjadi merek perawatan kulit lengkap yang memberikan kecantikan alami secara keseluruhan, dan dengan persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai upaya guna meraih pangsa pasar terbesar dan mendapatkan loyalitas pelanggan. Dengan demikian, konsumen akan menawarkan kepercayaan dan loyalitasnya apabila suatu merek mampu menyediakan utilitas kinerja produk yang konsisten. Adapun peneliti menguji tingkat loyalitas ini dengan menggunakan metode kuisioner yang di isi oleh 30 responden dan menggunakan skala likert dengan hasil sebagai berikut :













untuk mengetahui tingkat loyalitas maka dibuat tabel rentang skala yang dimana terdapat 5 kategori yang dapat menggambarkan tingkat loyalitas knsumen produk Citra Hand and Body Lotion. kategori tersebut terdiri dari Sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. berikut ini tabel rentang skala yang dapat menentukan loyalitas konsumen Citra Hand and Body Lotion.

kesimpulan

dari hasil rentang skala diketahui bahwa rata-rata jawaban responden dari total jumlah skor adalah 74,7 yang artinya pada rentang skala, tingkat loyalitas konsumen terhadap produk Citra Hand and Body Lotion berada pada tingkat tinggi, artinya konsumen sanagt loyal terhadap produk ini, mereka sangat puas dan setia terhadap produk tersebut. Maka bagi para perusaahan produksi peoduk ini harus lebih meningkatkan lagi keunggulan dari produk ini agar konsumen merasa sangat puas dan tetap memilih produk Citra ini sebagai produk andalan bagi perawatan kulit mereka khususnya bagi kaum wanita yang lebih tinggi konsumennya.











8 views0 comments

Comments


bottom of page