top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

“ PENGARUH STRATEGI LOKASI USAHA MINUMAN ES BANG JOE TERHADAP MINAT KONSUMEN ”

Updated: Mar 3, 2019






LATAR BELAKANG :

Persaingan bisnis yang semakin lama semakin kompetitif membuat perusahaan harus berantisipasi yang tepat dan akurat agar dapat menguasai pangsa pasar yang luas. Lingkungan perusahaan menjadi kunci utama dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan, karena dengan mengetahui lingkungan sekitar perusahaan, maka kelebihan dan kekurangan akan lebih nampak, dan juga strategi yang tepat akan diperoleh dan sangat efektif untuk melakukan proses pemasaran.

Sebagian besar usaha kecil menengah tidak menggunakan strategi-strategi pemasaran untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan produknya. Sehingga konsumen pada titik tertentu saat konsumen mulai bosan dengan suatu produk, perusahaan tidak mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dan akhirnya konsumen pergi ke produsen lain yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, perusahaan juga akan kalah bersaing dan tidak mampu bertahan dengan usaha-usaha besar yang sejenenis.

Es Bang Joe merupakan waralaba minuman yang memiliki banyak cabang di kota Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi pembeli. Dalam Riset ini ingin mencari tahu apakah lokasi yang strategis mempengaruhi minat pembeli pada berbagai lokasi usaha minuman Es Bang Joe tersebut yang tersebar di kota Yogyakarta agar tetap mempertahankan pengunjung yang datang untuk menikmati minuman tersebut.

-

METODE PENELITIAN :

Data-data dalam penelitian ini menggunakan metode sebagai berikut :

1. Menyebarkan kuisioner pada 30 orang responden

2. Mencari sumber referensi dari internet, mencari bahan kajian pada website tersebut untuk membahas masalah tersebut.

TUJUAN PENELITIAN :

Untuk mengetahui apakah lokasi usaha yang strategis dapat menarik minat pembeli dengan berbagai pelayanan dan rasa yang diberikan oleh produk minuman Es tersebut.

PEMBAHASAN :




Dari diagram diatas diketahui jumlah konsumen laki-laki sebesar 36.7% dan perempuan sebesar 63,3% artinya lebih banyak konsumen wanita yang lebih menyukai produk minuman tersebut.



Dari diagram diatas diketahui 60% orang sangat suka terhadap minuman es tersebut, 33.3% hanya suka dan sisanya 6,7% tidak terlalu suka terhadap produk minuman tersebut.




Dari diagram diatas sebanyak 50% merasa sangat mudah menjangkaui lokasinya dan 50% merasa cukup mudah untuk menjangkau lokasinya.



Dari diagram diatas diketahui faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli minuman Es adalah 76,7% rasa yang enak, lalu 10% dengan harga yang terjangkau, 10% lokasi yang strategis dan 3,3% sisanya.



Dari diagram diatas diketahui 63,3% konsumen sangat puas, 26,7% puas dan 10% cukup puas dalam mengkonsumsi minuman Es tersebut.



Dari diagram diatas diketahui 50% cukup nyaman, 46,7% sangat nyaman dan 3,3% merasa tidak nyaman dengan lokasi usaha penjualan minuman tersebut.



Dari diagram diatas diketahui 56,7% merasa sangat senang, 23,3% merasa senang dan 20% merasa cukup senang terhadap pelayanan yang diberikan.


Kesimpulan :

Dari hasil analisis data di ketahui bahwa yang lebih banyak mengunjungi dan membeli minuman Es bang joe adalah wanita, merekamereka menyukai minuman tersebut, merasa cukup mudah untuk menjangkaui lokasi dan merasakan pelayanan yang baik namun soal kenyaman merasa kurang begitu nyaman, artinya pihak dari minuman Es bang joe harus lebih memperhatikan kenyamanan dalam hubungannya dengan lokasi usaha agar para konsumen merasa nyaman ketika berkunjung untuk sekedar duduk menikmati atau singgah untuk membeli lalu dibawa pulang agar produk minuman ini tetap banyak diminati dan di sukai oleh para konsumen.


DAFTAR PUSTAKA

(2011). Pemasaran dan Penjualan. Konsep Pemasaran 4P dalam Bisnis, diakses 20 Agustus 2012 dari http://wirausaha.net/membangun-bisnis/3021-konsep-pemasaran-4p-dalambisnis.html

Dharmmesta, B.S., & Handoko, H. (1982), Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PBFE Universitas Gajah Mada.

5 views0 comments

Comentarios


bottom of page