top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

Perilaku Konsumen Mr.Shake Tea cabang Babarsari



Penelitian etnografi penting bagi perusahaan. Dengan penelitian etnografi perusahaan dapat mengetahui secara menyeluruh karakteristik dan keinginan konsumennya (consumer insights). Riset etnografi bagi sebuah perusahaan berperan dalam mengetahui cara untuk beradaptasi sekaligus menciptakan inovasi terbaru pada perusahaan ditengah persaingan pasar yang dinamis. Penelitian kali ini, peneliti akan membahas mengenai perilaku konsumen. Peneliti menggunakan penelitian etnografi dengan teknik observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen yakni kegiatan apa saja yang dilakukan oleh konsumen. Maka dari itu metode penelitian etnografi ini, peneliti dapat melihat perilaku dari konsumen.



Tantangan : Belakangan ini, sajian teh bukan merupakan teh biasa, melainkan sajian teh yang diracik dengan beragam varian rasa dan bahan pelengkap lainnya, di import dari Taiwan minuman teh jenis ini dikategorikan dalam bubble drink. Hal ini menjadi trend di Indonesia dan tentu saja membuka pasar baru yang menarik. Anang Sukandar, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) menyatakan bahwa bakal berkembang bisnis bubble drink di Indonesia karena masyarakat Indonesia selalu melihat prospek dari sesuatu yang baru. (www.industri.bisnis.com diakses 19 Mei 2019) Maka, tak heran jika di perkotaan besar masyarakat dapat dengan mudah menemukan dan memilih sendiri preferensi merek kesukaan konsumen. Dengan banyaknya merek bubble drink yang mulai bermunculan di Indonesia, hal ini menunjukkan bahwa adanya permintaan dari masyarakat yang kuat. Keadaan demand yang kuat dari konsumen menimbulkan munculnya persaingan dalam industri ini. Dengan adanya fenomena ini, Mr Shake Tea menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan pesaing-pesaingnya dalam menarik konsumen dengan cara meningkatkan kualitas menu, meningkatkan kualitas pelayanan para staff untuk senantiasa memberi kepuasan kepada pelanggannya.



Metode / Proses :

Penelitian etnografi ini dilakukan di Mr Shake Tea, Jl. Babarsari No. 7A Depok Sleman Yogyakarta (Sebelah Shibuya Salon & Make Up by New Topsy dan Seberan UPN Babarsari). Peneliti mengadakan pengamatan yang cukup lama pada tanggal 22 Mei 2019 dari pukul 10.40-20.50 WIB. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen di Mr Shake Tea ini. Peneliti melakukan observasi yakni memperhatikan setting dari tempat cafe tesebut secara mendetail, yang meliputi suasana ruangan, detail-detail ruangan, transaksi-transaksi yang muncul, simbol-simbol yang ada dan yang lainnya untuk mendapatkan gambaran yang mendalam.



Hasil Penelitian :

Mr Shake Tea cabang Babarsari menyediakan fasilitas free wifi, smoking area, AC area, TV kabel dengan berbagai snack untuk menikmati bubble tea. Barista atau waiters di Mr.shake tea ramah dan berpengalaman. Menu bubble tea yang di tawarkan sangat bervariasi yakni,

Milk tea, Fruit tea, Smoothies blanded, Brewed Tea & Coffe. Untuk soal harga anda tidak usah khawatir, harganya pun mulai dari Rp.7.000 – Rp.14.000. Untuk soal harga berkisar mulai dari Rp.7.000 – Rp.14.000. Dominasi pengunjung dari Mr Shake Tea cabang Babarsari adalah anak muda, mulai dari anak sekolahan, anak kuliahan. Kegiatan para pengunjung selama berada di Mr Shake Tea cabang babarsari ini ialah selain menikmati hidangan yang dipesan juga mengerjakan tugas menggunakan laptop, ada yang datang sendirian ataupun berkelompok tetapi ada yang hanya bersantai saja. Setiap pembelian, konsumen akan mendapatkan kartu yang diberi stampel dan jika kartu tersebut sudah dipenuhi stampel minimal 10 kali pembelian maka konsumen akan mendapatkan Bubble Tea gratis dengan menukarkan kartu stempel yang sudah terisi penuh tersebut. Apalagi ada peraturan unik yang diterapkan yaitu konsumen wajib membeli pesanan yang ada jika ingin beraktivitas di dalam Mr Shake Tea cabang Babarsari ini.



Kesimpulan :

Berdasarkan pengamatan diatas, dapat disimpulkan bahwa Mr Shake Tea cabang Babarsari merupakan salah satu varian minuman baru dan tentunya masih seputar teh yang kini telah hadir di kota pelajar Yogyakarta. Mr shake tea  menyajikan  sebuah minuman yang nikmat dan di import dari Taiwan yaitu bubble tea yang merupakan life-style terbaru di kota Jogja. Untuk masalah rasa, bubble tea ini  memiliki  cita rasa yang unik. Perilaku konsumen saat mengunjungi Mr Shake Tea cabang Babarsari ini ialah menikmati hidangan yang dipesan sambil mengerjakan tugas menggunakan laptop. Kemudian ada pengunjung yang datang sendirian ataupun berkelompok tetapi adapula yang hanya bersantai saja.




6 views0 comments

Comments


bottom of page