top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

PERILAKU KONSUMEN PENGGUNA JASA CUCI SEPATU





Pada generasi milenial sekarang ini, perkembangan dunia fashion atau mode semakin meningkat. Selain dalam hal pakaian, sepatu juga termasuk salah satu benda yang penting dalam menunjang gaya berbusana. Kebanyakan konsumen yang membeli sepatu hanya fokus pada pemakaian saja. Padahal selain dibeli dan dipakai, sepatu juga membutuhkan perawatan. Untuk membersihkan berbagai macam jenis sepatu harus menggunakan cairan tertentu yang memiliki kadar keasaman yang rendah supaya tidak mudah rusak atau hancur bahannya. Banyaknya usaha dalam bidang jasa yang salah satunya adalah usaha laundry ternyata sangat membantu banyak orang yang membutuhkan. Berkembangnya jasa layanan cuci sepatu sekarang ini tentunya sangat memudahkan para konsumen untuk membersihkan sepatu mereka. Terutama diera milenial seperti sekarang ini, banyak anak muda maupun orang-orang dewasa yang ingin serba instan, cepat, dan praktis bahkan dalam melakukan hal yang kecil seperti mencuci sendiri sepatu mereka. Hal ini disebabkan karena kesibukkan yang mereka jalani yang mengakibatkan tidak memiliki banyak waktu untuk merawat barang-barang mereka terutama sepatu. Padahal sepatu yang sering digunakan dan berada di tempat lembab menyebabkan banyak bakteri berkumpul dan membuat sepatu menjadi bau, belum lagi dengan pemakaian kaos kaki yang jarang diganti atau bahkan mereka yang tidak menggunakan kaos kaki. Terkadang banyak generasi jaman sekarang ini tidak mau mencuci sendiri sepatunya bukan dikarenakan kesibukkan mereka, tetapi karena sosialisasi yang ditanamkan oleh orangtua mereka yang terlalu memanjakan mereka sehingga tidak memperbolehkan anaknya untuk mencuci sepatu mereka melainkan dengan menggunakan jasa cuci sepatu.

Maka dari itu, sekarang bisnis jasa cuci sepatu ini mulai marak dan tersebar luas hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Para pelaku bisnis jasa cuci sepatu berlomba-lomba untuk menarik perhatian para calon konsumennya dengan inovasi-inovasi baru yang terus dikembangkan. Melihat antusiasme masyarakat akan ketertarikannya merawat sepatu, menjadikan peluang bisnis bagi para pebisnis untuk memulai usaha dibidang ini. Hal ini dirasa sangat cocok dan juga efektif melihat banyaknya aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat namun minim waktu untuk sekedar merawat sepatu-sepatu yang notabenya adalah kebutuhan yang harus selalu digunakan pada saat bepergian, sekolah, ataupun bekerja.

Semakin banyaknya peminat laundry sepatu dan semakin banyak pula bermunculan kompetitor yang membuat pebisnis jasa cuci sepatu mulai mengalami penurunan konsumen, maka penelitian riset pasar ini dapat digunakan perusahaan untuk mengembangkan usahanya dan memberikan masukkan inovasi untuk jasa cuci sepatu tersebut agar kedepannya dapat lebih menarik dan diminati banyak konsumen seperti dengan tidak hanya sekedar mencuci saja, tetapi juga dapat memperbaiki dan memodifikasi jenis sepatu tertentu sesuai keinginan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan cara metode survei dengan alat pengumpulan data berupa kuisioner online dengan menggunakan google form.


ANALISIS:



Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa konsumen jasa cuci sepatu yang paling banyak berjenis kelamin laki-laki.





Berdasarkan grafik hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa konsumen jasa cuci sepatu yang paling banyak adalah yang berprofesi sebagai pelajar/mahasiswa.




Berdasarkan grafik hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa konsumen jasa cuci sepatu yang paling banyak berpenghasilan lebih dari Rp 1.000.000 selama satu bulan.




Berdasarkan grafik hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa konsumen jasa cuci sepatu paling banyak menggunakannya satu kali dalam satu bulan.




Berdasarkan grafik hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa konsumen jasa cuci sepatu yang paling banyak dipengaruhi oleh tempat tinggal mereka.




Berdasarkan grafik hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa konsumen jasa cuci sepatu yang paling banyak merasa setuju dalam memudahkan tugas mencuci




Berdasarkan grafik hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa konsumen jasa cuci sepatu yang paling banyak menggunakan jasa tersebut karena praktis dan harga yang terjangkau




Berdasarkan grafik hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa konsumen jasa cuci sepatu yang paling banyak menggunakan jasa cuci sepatu tersebut karena sosialisasi dalam keluarga yang tidak membiasakan untuk mencuci sepatu sendiri




Berdasarkan grafik hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa konsumen jasa cuci sepatu yang paling banyak menggunakan jasa cuci sepatu tersebut karena lebih bersih daripada mencuci sendiri


KESIMPULAN :

Jadi, di dalam penelitian riset pasar ini membuktikan bahwa perilaku konsumen pengguna jasa cuci sepatu mempunyai hubungan dengan sosialisasi dalam kelurga yang terkadang tidak membiasakan untuk mencuci sepatunya sendiri. Apalagi dengan anak-anak milenial jaman sekarang ini yang terkadang terbiasa dimanja oleh orang tuanya, tidak dibiasakan mandiri terutama dalam hal kecil seperti mencuci sepatu, yang sehingga mereka memilih untuk mencucikan sepatunya di jasa cuci sepatu.

6 views0 comments

Comments


bottom of page