top of page
  • Writer's pictureneo lighten05

Potensi Besar Industri Game Mobile di Indonesia

Penjualan item menjadi salah satu kantong pendapatan Game Mobile. Salah satu contoh game nya adalah Mobile Legends. Mengutip data statistik yang diungkap Prioridata.com, hingga Maret 2017 Mobile Legends telah diunduh oleh 31,6 juta kali di seluruh dunia. Total pendapatannya mencapai U$5,3 juta sejak pertama kali diluncurkan pada November 2016.

Populasi penduduk Indonesia yang hampir mencapai 260 juta, menjadi nilai surplus bagi siapapun yang berbisnis di Game Mobile. Menurut hasil riset lembaga firma game Newzoo, di tahun 2016 secara demografis jumlah pemain mobile game didominasi kalangan laki-laki berusia 21-35 tahun dengan persentase 27%. Posisi kedua ditempati oleh kalangan usia 10-20 tahun sebesar 24%, dan sisanya usia 36-50 tahun. Untuk perempuan, porsi terbesar juga dipegang oleh kalangan berusia 21-35 dengan persentase 18%. Usia 10-20 tahun sebesar 14% dan 36-50 tahun sebesar 7%. Sehingga bisa disimpulkan, kalangan usia 21-35 tahun merupakan lahan utama bagi perusahaan game karena mereka merupakan orang-orang pekerja yang rela mengeluarkan uang ekstra demi game favoritnya.

Tabel Pengelompokan Umur dan Jenis Kelamin Terhadap Penggunaan Game Mobile


Secara industri, potensi bisnis game di Indonesia lebih menjanjikan dibandingkan negara lain di kawasan Asia Tenggara karena pertumbuhannya yang cepat. Masih mengacu dari sumber yang sama, total pendapatan industri game di Indonesia diprediksi mencapai US$879,7 juta di 2017. Angka ini lebih besar dari Malaysia US$586,6 juta dan Singapura US$317,6 juta.

Dari sudut pandang lain pun kita dapat melihat rata-rata masyarakat Indonesia memainkan game yang diproduksi oleh Tencent Gaming Buddy. Posisi kedua di tempati oleh Sony sebagai salah satu produsen pembuat game mobile. Untuk lebih rinci nya kami akan menguraikan ke dalam bentuk grafik sebagai berikut :


Berdasarkan data sekunder yang didapatkan oleh newzoo.games Tencent Gaming Buddy menempati urutan pertama sebagai produsen permainan yang sering di download oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan Tencent memiliki kerjasama yang luas antar satu produsen game ke produsen game yang lain. Pasar game mobile di Indonesia bisa sangat berubah dengan cepat dan mengikuti perkembangan zaman. Jika di tahun 2017 Tencent menempati peringkat pertama di tahun 2018 mungkin bisa berubah lagi posisi pasar produkusi game mobile lagi. Hal ini disebabkan pasar industri ini rumusnya jelas: game bagus, promosi maksimal, uang pasti ada.

4 views0 comments

コメント


bottom of page